ImageHost.org ImageHost.org

Bupati Minta Camat dan Kades Pimpin Gotong Royong, Dilingkungan Masing-masing Kecamatan dan Desa

TANJUNG - Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani Selasa (09/05) baru tadi melakukan pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke XIV tingkat kabupaten tahun 2017, pencanangan bulan bhakti gotong royong dilaksanakan di lokasi pasar di desa Mangkusip kecamatan Tanta dengan ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Bupati yang disaksikan Ketua DPRD H.Darwin Awi, Kepala Dinas PMPD H.Syaiful Ikhwan, Camat Tanta Rusmadi, Kepala Desa Mangkusip H.Nurdin.
Dalam sambutannya Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani sebelum membuka secara resmi pencanangan bulan bhakti gotong royong, mengatakan kegiatan ini sangat penting sekali untuk mengaktualisasikan kembali nilai dan semangat gotong royong mengingat akhir-akhir ini nilai dan semangat gotong royong mulai meluntur di kalangan masyarakat dan ini tentu sangat beralasan ternyata kemajuan pembangunan menyebabkan nilai-nilai individualistis itu semakin menonjol dan meningkat, namun di desa Mangkusip ini kata Bupati bisa melihat nilai-nilai dan semangat gotong royong masih bagus. Hal itu tentu didukung dengan faktor kepemimpinan (Leadership) dari kepala desa masing-masing.
Kalau kepala desa mau turun mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong, maka diyakini semangat gotong royong akan tetap bergelora di masyarakat.
Bupati berharap dengan momentum bulan bhakti gotong royong ke XIV tidak hanya dilakukan untuk kegiatan yang sifatnya besar saja, tetapi yang kegiatan kecil pun harus mendapatkan perhatian bersama.
Bupati juga meminta agar para camat dan kepala desa setiap hari Jum’at supaya memimpin kegiatan gotong royong kebersihan lingkungan masing-masing.
“Mari kita tumbuhkan mulai dari hal-hal yang kecil dan ajak masyarakat kita supaya tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah, terlebih-lebih lagi berkaitan dengan Tabalong sebagai tuan rumah dan sentral kegiatan penyelenggaraan Porprov Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan awal bulan Oktober 2017 ini,” katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) kabupaten Tabalong H.Syaiful Ikhwan dalam laporannya menjelaskan, Tema bulan bhakti gotong royong masyarakat ke XIV tingkat kabupaten Tabalong tahun 2017 adalah “Dengan bulan bhakti gotong royong masyarakat, kita daya gunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa dalam mensukseskan pekan olah raga propinsi kabupaten Tabalong tahun 2017.
Pembangunan desa dan kelurahan adalah seluruh kegiatan pembangunan yang berlangsung di desa dan kelurahan yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong bersama masyarakat, gotong royong masyarakat adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
Pada kesempatan itu Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani didampingi Ketua TP.PKK Hj.Syarifah Syifa menyerahkan secara simbolis beberapa piagam penghargaan kepada sejumlah desa sebagai juara I, juara II, juara III dan juara harapan I, II dan III pada perlombaan desa tingkat kabupaten Tabalong tahun 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 22 maret 2017 lalu.
Sebagai juara I adalah desa Mangkusip mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 14 juta dan penyerahan piagam penghargaan atas keberhasilan meraih juara lomba posyandu desa dan kelurahan yang juga sebagai juara I diraih posyandu Melati desa Mangkusip dengan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.4.500.000,-.
Bupati Tabalong juga berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung TK Paud desa Mangkusip diatas sebidang tanah wakaf dari masyarakat setempat.
Hadir dalam pencanangan bulan bhakti gotong royong itu beberapa Kepala SKOPD, para camat, kepala desa/lurah dan pengurus PKK se Tabalong. (metro7/via)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar


Redaksi Metro7 : 0526 2025606 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878