ImageHost.org ImageHost.org

Jadikan Anak Generasi Berprestasi Peringatan Hari Anak dan keluarga Nasional

PARINGIN - Hari Anak Nasional dan Hari Keluarga Nasional adalah momen yang berharga bagi anak-anak diseluruh Indonesia. Setiap tahunnya, hari peringatan terhada anak dan keluarga ini selalu dirayakan dengan berbagai macam kegiatan ditiap-tiap daerah dari sabang sampai merauke.
 Begitu juga dengan Kabupaten Balangan, Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3A KB) Balangan juga menggelar beberapa kegiatan untuk memeriahkan hari khusus untuk anak dan keluarga tersebut.
 Aula Mahligai Mayang Maurai komplek Garuda Maharam Kecamatan Paringin yang dijadikan pusat tempat perayaan ini, dipenuhi ratusan anak, mulai dari anak-anak Paud, sampai dengan anak-anak pelajar tingkat SLTA, Kamis (06/10) kemarin.
 Bupati Balangan H Ansharuddin yang juga dikenal akrab dengan anak-anak, turut berhadir dalam kemeriahan kasempatan kali ini. Tidak hanya itu saja, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Priyanto Eko Widodo dan Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni juga hadir ditengah acara aanak dan keluarga tersebut.
 Dalam kesempatan tersebut Sekretaris BP3A KB Balangan Herlianur mengungkapkan, menjelaskan beragam kegiatan sengaja digelar pihaknya, untuk memeriahkan dua hari besar di Indonesia, yakni Hari Anak ke 32 dan Harganas ke 23, dengan tujuan menggugah dan meningkatkan kesadaran seluruh komponen bangsa, bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, yang perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani, agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 "Kita gelar mewarnai untuk anak TK, dan fashion show oleh pelajar SMA sederajat, dan banyak lagi penampilan menarik dari anak-anak TK dan SD yang menambah kecerian dihari ini," sebutnya.
 Lomba-lomba, lanjut Herlianur, yang pihaknya lakukan, itu bertujuan untuk memberikan ruang untuk anak menguluarkan daya kreatifitasnya dihadapan banyak orang.
 "Pada kesempatan ini kami memberikan kesempatan pada anak-anak untuk mengekspresikan kreasinya masing-masing," ujarnya.
 Sementara itu Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan kali ini kata dia membuat anak-anak di Balangan merasa diperhatikan oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya.
 "Sehingga dengan begitu anak-anak akan fokus belajar agar menjadi generasi berprestasi," imbuhnya.
 Disebutkan Anshar, anak-anak yang datang didampingi para gurunya membawa pesan moral kepada masyarakat untuk mengakhiri kekerasan pada anak yang beberapa waktu ini marak terjadi di berbagai daerah.
 "Dengan kegitan semacam ini, dapat menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, guna lebih menghayati, menghormati dan menjamin hak-hak anak, termasuk di dalamnya menguatkan peran keluarga, sebagai lembaga utama dan pertama bagi tempat pendidikan, pengasuhan maupun menjadi ruang anak untuk mendapatkan pengetahuan," jelasnya.
 Anshar berpesan, untuk memulai ini dimulai dengan hal yang biasa dan kadang belum bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghargai pendapat anak dan membangun komunikasi serta interaksi harmonis, yang sebenarnya sangat berguna serta bermanfaat bagi perkembangan dan masa depan anak-anak, maupun bagi ketahanan, keharmonisan serta kesejahteraan bagi keluarga yang lebih baik. (metro7/wnd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar


Redaksi Metro7 : 0526 2025606 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878